Hadiah untuk Ayah dan Ibuku


Udah sekitar dua bulan ke belakang aku me-review kembali hafalan-hafalan surah al-Qur’an aku. Awalnya karena mau mempersiapkan diri menuju bulan Ramadhan. Lalu aku teringat untuk menghafalkan Surah ar-Rahmaan karena itu adalah mahar yang aku inginkan dulu waktu nikah. Setelah beres hafal Surah ar-Rahmaan aku jadi ‘penasaran’ dan kini sedang proses menghafalkan Surah al-Mulk.

Semenjak dulu aku ingin semua anak-anakku menjadi para hafiz/hafizah, walaupun aku sendiri belum hafal al-Qur’an. Aku membaca beberapa buku tentang kisah anak-anak yang hafal Qur’an. Aku pun ‘menyusun strategi’ untuk memudahkan anak-anakku hafal al-Qur’an nanti.

Hingga suatu hari aku berfikir, waktu aku hampir menyelesaikan hafalan ar-Rahmaan-ku, kenapa enggak aku sendiri berupaya menjadi hafizah? Kenapa enggak? Yes, I can! Salah satu motivasi terbesarku adalah aku ingin ‘menghadiahi’ mahkota untuk kedua orangtuaku di surga nanti. Aku pikir itu akan menjadi hadiah yang jauh lebih indah daripada apa pun yang bisa aku kasih di dunia, insya Allah.

“Barangsiapa yang menghafal al-Qur’an dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya, maka pada Hari Kiamat kepada kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih indah dari cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah-rumah di dunia. Jika demikian bagaimana menurut kalian dengan orang yang mengamalkannya?” (HR. Abu Daud)

Sebelum aku ingin anak-anakku untuk tamat hafal Quran, sebaiknya aku mulai memberi teladan dari diri aku sendiri. Dan ternyata dengan niat yang baik, subhanallah, menghafalkan al-Qur’an itu sangat mudah! Aku juga menemukan waktu terbaik untuk me-review hafalan, yaitu pada saat tahajud, sedangkan waktu terbaik buatku untuk menambah hafalan adalah di pagi hari setelah Subuh dan sekitar waktu Duha.

Kalau aku sendiri hafal al-Quran, anak-anakku bisa menjadikan aku tempat ‘curhat’ tentang hafalan-hafalan mereka : D, insya Allah…. Aamiin.

Tidak ada dengki (hasad) kecuali kepada dua golongan manusia, yaitu; seseorang yang dianugerahkan kepadanya al-Qur’an lalu ia mengamalkannya di siang dan di malam hari; dan seseorang yang dianugerahkan kepadanya harta lalu ia bersedekah dengan harta itu siang dan malam hari.” (HR. Muslim)

Aku berterimakasih kepada guru SD-ku Pak Gunawan Sya’bana (Pak Ugun) yang dulu dengan ikhlas membimbing aku dan teman-teman untuk terus menghafalkan surah-surah dalam al-Qur’an. Tidak hanya kami menghafal, tapi kami juga tertarik dengan kisah-kisah yang beliau ceritakan dari ayat-ayat di dalamnya. Wah, pokoknya rame! Sama sekali gak ada beban di hati ini ketika menghafalkan surah-surah tersebut, sampai Alhamdulillah kelas 6 SD aku tamat hafal juz ‘amma.

Tentu saja aku tidak akan berhenti hanya di menghafalkan, aku juga ikhtiar untuk memahami isinya dengan mempelajari Arab al-Qur’an dan mempelajari berbagai tafsirnya. Al-Qur’an bukanlah sebuah buku, tulisan itu mushaf dan buku itu kitab, tapi al-Qur’an adalah (ceuk bahasa Inggris mah) recitation  alias bacaan—bukan bacaan buku, tetapi bacaan dari mulut. Dan al-Qur’an adalah ya al-Qur’an, terjemahan apa pun hanyalah suatu upaya memahami isinya, dan terjemahan memiliki kelemahan tidak dapat menterjemahkan keseluruhan kata-kata dalam al-Qur’an secara sempurna. Aku seneng mendengarkan penjelasan tafsir ayat-ayat dari—salah satunya—Nouman Ali Khan yang menjelaskan hingga kata perkata berikut hikmah di balik pemilihan kata yang ada.

Sebenarnya (al-Qur’an) itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada orang-orang yang berilmu…” (29: 49)

Semoga aku dan anak-anakku semua bisa tamat hafal al-Qur’an dan menjaganya sampai akhir hayat. Aamiin.

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (al-Qamar, 54: 17)

Hanna

17 Juli 2012

***

Tulisan Lain yang Berhubungan:

Ibu Rumah Tangga Hafal al-Qur’an

Surat ar-Rahmaan-ku oleh Hanna Wilbur

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Keluarga dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Hadiah untuk Ayah dan Ibuku

  1. Ping balik: Surat ar-Rahman-ku | Punya Hanna Wilbur

  2. Hamba Allah berkata:

    SUBHANALLOH!Mudah-mudahan hafalan QS:Ar-Rohmaanku,menjadi manfaat u/suami,anak-anakku,anak2yatim,Orangtuaku,saudara -saudaraku,keponakan2ku,dan menjadi amal sholehku yang Indah.Amiin Ya Rabbal’alamin

  3. Ping balik: Page View 11-07-2013 sampai 18 -07-2013 | Punya Hanna Wilbur

Komentar ditutup.