Tips Bagi Orangtua agar Anak Aman ‘Berteknologi’


Sumber gambar: TheOnLineMom.com

Kita hidup di zaman ketika teknologi internet dan computer sangat cepat berubah, dan hal ini pasti sangat mempengaruhi kehidupan kita dan anak-anak kita. Langkah-langkah bimbingan bagi anak-anak dalam memanfaatkan ‘pisau’ teknologi ini tidak bisa tidak harus diupayakan. Setiap orangtua pasti akan membutuhkan langkah-langkah yang berbeda, tergantung situasi dan kondisi lingkungan, usia anak, pergaulan, dsb. Namun, ada beberapa hal dasar yang bisa kita lakukan tidak peduli berapa pun usia anak. Berikut ini beberapa tips awal:

1.       Mainkan! Upayakan agar Anda memahami dasar-dasar dari teknologi yang sedang/akan anak Anda gunakan sehari-hari. Teknologi adalah bagian besar dari hidup kita dan anak-anak kita, orangtua tidak bisa lari dari mempersiapkan anak-anak bertanggung jawab dengan teknologi yang ia gunakan. Sebenarnya tidak sulit untuk memahami dasar-dasar dari gadget yang ada saat ini. Lagian, memainkan gadget itu rame dan mendidik—makanya anak-anak suka!
2.       Bukalah dialog. Bicaralah dengan anak-anak Anda tentang teknologi, dan khususnya, keamanan berinternet. Buatlah kesepakatan tentang aturan-aturan menggunakan internet. Browsinglah internet bersama. Teruslah melibatkan diri. Aktifitas teknologi dan online anak-anak akan meningkat dan semakin kompleks seiring meningkatnya usia mereka. Teruslah terbuka untuk berdialog.
3.       Ketahui. Ketahuilah berbagai jenis teknologi yang anak Anda gunakan, game-game apa saja yang senang mereka mainkan, website apa saja yang mereka kunjungi, dan dengan siapa saja mereka berkomunikasi. Untuk anak-anak yang masih kecil, berilah mereka daftar website yang boleh dikunjungi.
4.       Tunjukan minat. Tanyakan pada anak-anak apa yang mereka lakukan, program-program apa yang mereka gunakan, situs-situs apa yang mereka senangi (mengapa mereka menyenanginya). Mintalah mereka untuk menunjukkan pada Anda bagaimana mereka memainkan alat teknologi/game kesukaan mereka dan teman-teman mereka, dsb. Tanyalah dengan minat yang sungguh-sungguh, bukan cara menggurui dan/atau mengancam.
5.       Bantu anak memahami apa yang dimaksud dengan perilaku tidak pantas.  Jika anak Anda menemui perilaku tidak pantas seperti video game kekerasan, cyber-bullying, atau predator online, jangan dibiarkan saja! Bicarakan dengan anak Anda, diskusikan dengan orangtua lain (khususnya orangtua teman-teman anak Anda), hingga—jika perlu—laporkan pada pihak berwajib.
6.       Belilah komputer keluarga dan simpanlah di ruangan yang ramai dilewati anggota keluarga.
7.       Jangan pernah memberikan informasi pribadi dan keluarga di Internet. Jelaskan pada anak apa itu informasi pribadi dan mengapa itu dilarang untuk diberikan. Meskipun situs jejaring social mendukung orang-orang untuk menyebarkan informasi pribadinya, namun anak-anak perlu tahu bahwa menjaga informasi pribadi dan keluarga harus menjadi prioritas utama.
8.       Kuatkan diri. Gunakan filter internet dan software monitoring. Anda tidak perlu mengecek apa yang dilakukan anak-anak setiap hari, tapi fakta bahwa Anda bisa, dan mereka tahu Anda bisa, dapat membantu perilaku bertanggung jawab pada diri anak-anak. Tentu saja ini setelah langkah-langkah sebelumnya sudah dilakukan. Ketika anak-anak bermain di warnet atau rumah teman, maka mereka akan menjadi filter bagi diri mereka sendiri.
9.       Ajarkan anak untuk tidak membuka file mencurigakan. Bantu mereka tahu dan paham apa itu file mencurigakan.
10.   Diskusilah dengan orangtua lain tentang pengalaman teknologi dan online anak-anak.

Upayakan anak benar-benar memahami pentingnya bertanggung jawab dalam apa pun yang mereka gunakan. Pastikan mereka memahami bahwa hal ini penting untuk keselamatan diri mereka sendiri dan lingkungan mereka. Selain itu, mereka pun dapat lebih merasakan manfaat penuh dari teknologi yang mereka gunakan.

Disarikan dari The OnLine Mom, Tips for Parents, http://www.theonlinemom.com/secondary.asp?id=92&t=tips-for-parents, diakses 11 Oktober 2012 pukul 19:53 WIB.

Wajib Baca:

Saatnya Kita Melek Video Game (Part 1)

Saatnya Kita Melek Video Game (Part 2)

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Game Software, Keluarga dan tag , , , , , . Tandai permalink.