Jangan Salahkan Kuman


Jadi males tambah banyak aja iklan produk di TV yang menjadikan kuman sebagai ancaman agar kita mau membeli produk yang ditawarkan.

“Anak ibu dalam bahaya… Kuman dimana-mana… Belilah produk kami untuk menyelesaikan permasalahan Anda…” Kurang lebih begitu heheh…

Iklan adalah salah satu ikhtiar produsen untuk mendapatkan konsumen. I’m fine with that.  Aku cuma mempertanyakan penekanan berlebihan pada konsep ‘kuman sebagai sumber penyakit’.

Kuman adalah makhluk Tuhan juga, yang mereka ada dimana-mana. Mereka juga sedang hidup dengan harmonis bersama makhluk-makhluk Tuhan lainnya. Meskipun mereka berada dimana-mana, tapi buktinya tidak semua orang sakit-sakitan, kan? Apakah kita sakit 24 jam 7 hari seminggu sakit terus-terusan? Padahal kan, kita hidup di lingkungan yang berdampingan dengan berbagai jenis bakteri dan virus.

Ketika dalam satu buah keluarga ada yang sakit flu, misalnya, tidak semua orang sakit flu (setidaknya dalam waktu yang bersamaan heheh). Malah ada yang sehat terus, walaupun orang lain di dekatnya sedang flu.

Berarti, bukan kuman yang menjadi faktor seseorang sakit. Apa kalau begitu? Kita kembali melihat ke dalam tubuh kita, kita sakit karena sedang ada ketidakseimbangan dalam tubuh. Pada saat tubuh kita sedang dalam kondisi seimbang dan semua komponennya berjalan dengan baik, maka pertemuan dengan kuman tidak akan menyebabkan kita sakit.

Allah telah menganugerahi kita tubuh yang didisain untuk bertahan, berikut juga dengan komponen pendukungnya (seperti makanan, sinar matahari, air minum, dsb). Kita memiliki sistem imun tubuh. Kondisi sakit terjadi ketika sistem imun tubuh dan keseimbangan tubuh sedang ‘oleng’.

Aku suka istilah Kang Tauhid Nur Azhar yang menyebut sistem imun dengan “Sistem Manajemen Silaturahmi Terpadu” (lebih lanjut pandangan aku tentang hal ini bisa baca Kuman yang Malang).

Ketika aku sakit, aku lebih banyak berfikir apa yang tubuh aku butuhkan untuk mengembalikan fungsi-fungsinya? Daripada sekedar menyalahkan kuman. Mengapa kuman bisa mengganggu tubuh kita? Pasti karena ada fungsi tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Apa mungkin karena aku kurang nutrisi (konsumsi makan kurang seimbang, atau makan makanan tidak bergizi–seperti makanan dan bumbu instan), atau makan hal yang beracun (seperti snack dengan berbagai bahan sintetis), dan/atau stress yang tertahan. Pas benteng tubuh kita ada bagian yang ‘bolong’ itulah, kuman yang kebetulan sedang lewat dapat semakin mengganggu kinerja bagian-bagian tubuh hingga akhirnya tidak tertahan lagi dan masuklah kita ke kondisi ‘sakit’*.

Jadi, jangan salahkan kuman, ya… ;).

——————————————————————————————-

*Tentu saja tidak semua penyakit karena ‘gangguan kuman’. Kanker, diabetes, asam urat adalah di antara contoh penyakit yang terjadi karena rusaknya fungsi-fungsi tertentu dalam tubuh. Mereka disebut penyakit degeneratif.

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.