Letter for Azmy (Milad 3 Tahun)


TigerAssalamu’alaika, ya Azmy…

Halo Azmy Soleh… Di hari Selasa tanggal 4 Juni 2013 ini Azmy genap berusia tiga tahun.

Umi masih ingat hari lahirmu seperti baru kemarin. Bahkan momen ketika Umi baru mengutarakan kerinduan ingin memiliki anak kepada Abimu, masih sangat jelas di ingat. Ketika itu kami masih berencana untuk tidak dulu memiliki anak karena merasa belum siap, tapi ternyata Allah berkehendak lain; Ia menjawab kerinduan Umi dan menganugerahi Azmy, anak pertama Umi .

Ketika hamil pertama itulah Umi memutuskan ingin memiliki tujuh orang anak. Tujuh anak hebat yang disayang Allah. Aamiin. Dan, Azmy sebagai anak pertama sengaja kami persiapkan untuk menjadi seorang kakak. Umi yakin kamu akan menjadi seorang kakak yang hebat. Tidak hanya seorang kakak yang hebat, tapi juga pemimpin yang hebat.

Umi ingat ketika Azmy belum genap setahun, tapi Azmy sudah bisa berjalan walaupun masih tertatih-tatih, Abi dan Umi berdua di samping menuntun Azmy berjalan. Abi waktu itu kurang lebih bilang, “Liat nie, calon pemimpin masa depan lagi belajar jalan…” Rasanya bangga sekali melihat Azmy seperti itu.

Dari kecil kamu sering sekali jatuh, khususnya semenjak mulai belajar jalan. Ketika kamu terjatuh, Umi dan Abi tidak langsung membantu mengangkatmu; kami tunggu Azmy berdiri sendiri. Kami kadang menyemangati dengan bilang, “Azmy, kalo jatoh; bangun.” Kalau Umi meninggal saat ini, setidaknya inilah sedikit bekal dari Umi untuk kehidupan Azmy; tidak peduli berapa kali pun Azmy terjatuh, bangkitlah kembali. Dan, Alhamdulillah Azmy sudah membuktikan berkali-kali kepada Abi dan Umi bahwa Azmy selalu dapat kembali bangkit.

Harapan Umi dan Abi agar Azmy bisa mandiri, bertanggung jawab, dan punya visi sedini mungkin. Niatan ini muncul bukan tanpa perhitungan, tapi didasari kepercayaan kami kepada Azmy, bahwa Azmy memang bisa. Kami terinspirasi oleh para salafussalih yang berhasil mencapai hal-hal yang luar biasa di usia yang untuk standar saat ini tergolong muda. Tapi, justru karena itulah, kesempatan mereka untuk produktif beramal pun jauh lebih panjang. Meskipun medan saat ini berbeda, tapi apa pun itu, prinsipnya sama; sadarilah peranmu di dunia sedini mungkin. Semoga Allah membimbing Azmy di jalan yang terbaik, menuju tempat yang terbaik.

Azmy sayang… Tahu kenapa Umi dan Abi beri kamu nama Azmy? Sebelum Azmy lahir Umi dan Abi ‘sibuk’ mencari berbagai pilihan nama. Akhirnya terpilihlah nama yang terdiri dari 4 kata:

Avicenna Gaozhan Azmy Mubarakh.

Nama itu kami dapatkan setelah mengeliminasi belasan pilihan nama yang lain. Umi dan Abi sadar pentingnya nama bagi seseorang, apalagi ini adalah buah hati pertama kami. Jadi, itulah hadiah pertama dari kami; sebuah nama berisi beberapa dari do’a-do’a panjang kami.

Ingatkan Umi dan Abi untuk menjelaskan arti namamu suatu hari nanti, ok!

Azmy soleh… masa depan yang akan Azmy hadapi akan jauh lebih menantang dibandingkan masa lalu Umi-Abi. Akan terjadi berbagai perubahan yang sangat cepat, yang mungkin Abi-Umi sendiri belum paham apa. Azmy harus siap dengan berbagai kondisi yang ada. Bagaimana agar Azmy bisa sukses melewati berbagai tantangan yang ada? Yaitu dengan tetap berpegang teguh kepada aturan Allah. Umi yakin, Azmy akan sangat kuat dan siap menghadapi tantangan apa pun yang datang jika Azmy berpegang pada al-Quran dan hadis. Tahu gak, kenapa Umi semangat menghafal Quran? Karena Umi ingin anak-anak Umi hafal al-Quran dan dekat dengannya, dan Umi ingin membantu kalian dengan pertama-tama mulai memberi contoh. Semoga Azmy dan adik-adik Azmy bisa menjadi para ‘penjaga’ Quran-hadis, dan semoga kalian semua dituntun olehnya sepanjang hidup hingga akhir hayat kalian.

Oh ya, Umi sudah menyiapkan sebuah hadiah untuk Azmy. Hadiah itu sudah Umi bungkus dengan rapih dan sudah Umi tandai agar khusus diberikan ketika Azmy nanti berusia 15 tahun. Kenapa harus 15 tahun? Karena itulah waktu ketika Umi sudah melihat Azmy sebagai seorang pemuda—seorang pemuda yang mandiri, bertanggung jawab dan punya visi. Semoga Azmy bisa bersabar mempersiapkan diri untuknya, dan semoga hadiah tersebut bisa bermanfaat untuk Azmy. Aamiin.

I love you, Azmy…

20 November 2012

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Keluarga. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Letter for Azmy (Milad 3 Tahun)

  1. zarahsafeer berkata:

    udah disiapkan kado utk Azmy di usia 15 taon teh? hebat..wow

Komentar ditutup.