Jaga Kebersihan Gigi Anak Tanpa Pasta Gigi


Limbah Rumah Bersih

 

Ketika anak pertama saya mulai ‘banyak’ giginya, saya sudah memikirkan bagaimana untuk menjaga kebersihannya. Sebelum ia berusia 1,5 tahun kami sudah membelikannya sikat gigi, tapi ternyata lebih efektif membersihkan giginya dengan kain handuk kecil, jadi kami gunakan kain handuk saja. Kemudian saya memikirkan sikat giginya pakai pasta gigi apa. Waktu itu saya sudah ada feeling untuk berupaya menggunakan bahan alami, tapi belum cukup ilmu. Jadi, saat itu saya masih ‘pasta gigi oriented’.

Waktu membaca label pasta gigi dewasa, kebetulan yang saya pakai mengandung formalin (dan bahan-bahan sintetis lainnya), jadi jelas itu tidak akan saya gunakan untuk anak. Kemudian saya coba membeli pasta gigi anak-anak. Sempat beberapa kali dipakai karena tulisannya ‘Aman Jika Tertelan—Safe if Swallowed’. Itu berjalan sambil saya terus mengumpulkan informasi.

Sedihnya saya ketika ternyata di labelnya banyak bahan-bahan yang berpeluang menimbulkan masalah kesehatan. Terdapat juga bahan-bahan yang sama dengan bahan-bahan yang dimasukkan pula ke dalam shampo dan…

Lihat pos aslinya 566 kata lagi

Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Terjemahan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Jaga Kebersihan Gigi Anak Tanpa Pasta Gigi

  1. lrbersih berkata:

    Semoga bermanfaat🙂

Komentar ditutup.