Brave New World – Aldous Huxley


Buku yang pertama kali dicetak tahun 1932 ini merupakan buku yang menghebohkan pada masanya. Buku ini memprediksi sebuah dunia di masa depan dimana manusia dihasilkan dari tabung dan keluarga tradisional seperti yang kita ketahui tidak ada lagi. Orang bebas untuk berhubungan intim, dan para wanita yang fertil punya kebiasaan minum pil KB. Dan banyak hal menarik lainnya yang akan kita temukan dalam dunia karya Aldous Huxley ini.

Kebayang nie buku keluar di tahun 1932 dan udah ngebahas kloning dan free sex! Pantesan aja nie buku masih ramai diperbincangkan hingga sekarang. Bahkan, Bertrand Russel mengatakan dalam komentarnya tentang buku ini “It is all too likely to come true.”

“Brave New World” masih cocok untuk dijadikan bacaan, bahan skripsi, maupun diskusi penelitian, baik dari segi sastra maupun politik-ekonomi-sosial. Gak rugi banget aku beresin baca buku ini.

Suatu malam (dereng-deng…) gak sengaja aku nonton film Cyborg 2 (1993) yang diperankan oleh Angelina Jolie sebagai cyborg. Itu film zaman Angelina Jolie masih imut-imut gitu. Kok, ngomongin film? Nah, di film itu ada adegan pemeran utama laki-laki (manusia) dan perempuan (cyborg—Cassella Reese a.k.a Angelina Jolie) memasuki sebuah museum karena lagi dikejar-kejar 2 pembunuh bayaran. Di museum itu ada spot dimana berdiri patung-patung; ayah, ibu, dan anak. Di bagian penjelasan tulisannya ‘nuclear family’ (‘keluarga inti’). Ngerti gak? Jadi, di zamannya cyborg itu (kata film) sudah tidak ada lagi keluarga tradisional yang kita kenal saat ini dimana terdiri dari ayah-ibu-anak-anak. Keluarga inti sudah di-museum-kan.

Judul                     : Brave New World

Penulis                 : Aldous Huxley

Penerbit              : Granada

Tahun Cetak       : 1979

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Recommended Books dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Brave New World – Aldous Huxley

  1. Ping balik: Bill Gates Bilang Vaksinasi Dapat Membantu Mengurangi Populasi Dunia | Punya Hanna Wilbur

Komentar ditutup.