Kita Butuh Pilek dan Flu


Jangan terkecoh sama judul post ini. Aku juga gak mau kena gejala pilek dan flu. Tapi, tulisan di bawah ini yang baru saja aku terjemahkan, benar-benar memberikan sudut pandang lain tentang penyakit umum ini. Baca sampai selesai, dan semoga kita tidak akan lagi ‘salah paham’ terhadap pilek dan flu :).

Info Bagus Tentang Pilek dan Flu

Kali berikutnya Anda mengalami pilek atau flu, ingat ini: daripada mengkonsumsi obat konvensional untuk menekan gejala-gejala yang tidak mengenakkan, lebih baik membiarkan pilek dan flu menyelesaikan siklusnya sementara Anda banyak-banyak beristirahat.

Pengobatan konvensional dan industri farmasi ingin Anda percaya bahwa tidak ada ‘penyembuh’ untuk pilek, Anda harus melindungi diri dari flu dengan vaksinasi yang penuh berisi bahan-bahan kimia beracun, dan selama pilek atau flu, lebih baik melegakan ketidak-nyamanan dengan berbagai jenis obat-obat kimia untuk menekan gejala yang Anda alami.

Sayangnya, ketiga pilihan ini menunjukkan kekurang-pahaman tentang apa itu pilek dan flu yang sebenarnya, dan apa yang mereka lakukan pada tubuh.

Pilek dan flu disebabkan oleh virus. Jadi untuk memahami apa itu pilek dan flu pada tingkat sel, Anda harus memahami apa yang virus lakukan pada tingkatan sel.

Apakah Anda ingat belajar pembelahan sel di mata pelajaran IPA kelas tujuh? Masing-masing sel Anda disebut sel induk, dan melalui proses penggandaan genetik (mitosis) dan sel (Cytokinesis), masing-masing sel induk menggandakan diri menjadi dua sel. Masing-masing sel anak ini menjadi sel induk dan menggandakan diri lagi menjadi dua sel, dan seterusnya.

Virus berbeda dengan sel Anda, mereka tidak bisa menggandakan dirinya melalui mitosis dan cytokinesis.  Virus hanyalah partikel-pertikel mikroskopis materi genetis, masing-masing dilapisi lapisan tipis protein.

Karena rancangan tubuh mereka, virus tidak mampu bereproduksi sendiri. Satu-satunya cara virus dapat berkembang dalam tubuh Anda adalah dengan menggunakan sel-sel Anda untuk menghasilkan gandaan diri mereka.

Begitu virus dapat memasuki salah satu sel Anda, tergantung tipe virus, salah satu dari dua hal dapat terjadi:

[1] Virus memanfaatkan sumber daya sel Anda untuk mereplikasi dirinya sebanyak mungkin dan lalu merobek keluar (lyses) sel agar virus-virus baru dapat pergi dan mencari sel-sel lain. Proses lysis secara efektif membunuh sel Anda.

[2] Virus menyatukan dirinya ke dalam DNA sel Anda, yang akan menyebabkan DNA virus dilanjutkan pada sel anak (hasil penggandaan sel induk—baca bagian atas). Nanti, virus-virus dalam sel-sel anak akan mereplikasi diri seperti di atas. Begitu banyak virus tereplikasi, sel akan mengalami lysis.

Kedua kemungkinan di atas membawa pada hasil yang sama: akhirnya, sel yang terinfeksi akan mati karena proses lysis.

Di sini kunci untuk memahami mengapa pilek dan flu, ketika dibiarkan menjalani siklusnya sementara Anda beristirahat, dapat berakibat baik untuk Anda:

Secara garis besar, virus yang menyebabkan pilek dan flu biasa hanya menginfeksi sel-sel lemah; sel-sel yang sudah kebanyakan limbah dan toxin akan lebih berpeluang diinfeksi virus. Ini adalah sel-sel yang memang ingin Anda hilangkan dari tubuh, untuk digantikan dengan sel-sel baru yang sehat.

Jadi dalam skema besarnya, pilek atau flu adalah peristiwa alami yang membantu tubuh membersihkan diri dari sel-sel tua dan rusak, yang jika tanpa infeksi virus, akan butuh waktu lebih lama untuk diidentifikasi, dihancurkan, dan dibuang.

Apakah Anda pernah kagum dengan betapa banyak ‘barang’ dapat Anda keluarkan dari hidung ketika sedang pilek atau flu? Di dalam ingus tersebut terdapat begitu banyak sel mati yang tubuh Anda sedang usir, kebanyakan karena efek lysis virus.

Jadi dapat Anda lihat, tidak perlu ada obat untuk pilek biasa, karena pilek biasa adalah cara alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang Anda. Dan selama Anda banyak beristirahat dan cukup cairan tubuh [banyak minum],  dan cukup nutrisi selama pilek atau flu, kita tidak butuh divaksinasi atau mengkonsumsi obat-obat kimia untuk menekan gejala ‘ingusan’, demam, atau batuk. Semua gejala tidak mengenakkan ini sebenarnya adalah cara-cara tubuh Anda bekerja untuk membuang limbah tubuh dan/atau membantu tubuh Anda melewati pengalaman pilek atau flu.

Penting untuk dicatat, hanya karena pilek dan flu dapat membantu tubuh Anda bukan berarti Anda harus mengalaminya untuk kesehatan. Jika Anda menjaga kesehatan tubuh dan sistem imun Anda dengan cukup istirahat dan menjaga konsumsi makan bernutrisi dan memilih pola hidup sehat, sel-sel Anda akan cukup kuat untuk menghindari terinfeksi virus-virus yang datang mengetuk membran sel Anda. Dalam skenario ini, Anda tidak perlu menjadi lemah sehingga perlu pilek atau flu untuk melewati tubuh dan me-lysis sel-sel buruk.

Catatan terakhir: karena pilek dan flu biasa disebabkan virus, antibiotik tidak diperlukan. Orang-orang yang mengkonsumsi antibiotik ketika menderita pilek atau flu mungkin akan merasa sedikit baikan karena efek anti-inflamasinya, tapi keuntungan ini hanya sedikit dibandingkan banyak efek buruk yang antibiotik punya terhadap bakteri bersahabat yang hidup dalam sistem pencernaan kita.

Diterjemahkan dari http://www.naturalcuresnotmedicine.com/2013/09/what-most-doctors-wont-tell-you-about.html, diakses 28 September 2013, 08:07 AM, dengan sedikit penyesuaian.

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Kesehatan, Terjemahan dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kita Butuh Pilek dan Flu

  1. Ping balik: Bill Gates Bilang Vaksinasi Dapat Membantu Mengurangi Populasi Dunia | Punya Hanna Wilbur

  2. mitawakal berkata:

    kalau flu biasanya saya tidur, besoknya sudah tidak flu lagi (atau masih flu, dan saya tidur lagi)

Komentar ditutup.