Kanker Serviks dan Kehamilan


ImageHamil muda dapat ‘menyebabkan’ kanker serviks?

1) Kanker adalah ‘wabah’ yang relatif baru (wabah => menimpa bagian besar anggota masyarakat sekaligus). 2) Baru dua generasi di atas kita (lahir tahun 1930 ke belakang) orang terbiasa menikah dan hamil di usia remaja, namun–3) peluang hidup mereka lebih tinggi (lama hidup dan kualitas hidupnya lebih tinggi) dibandingkan generasi sekarang (kelahiran 70-an ke atas). Yang pasti mereka menderita penyakit-penyakit seperti rematik, stroke, gagal ginjal, dsb dan itu pun di usia yang ‘tua’ (60 thn ke atas)–tapi kanker bukanlah wabah bagi mereka. Plus jangan lupa, mereka punya anak jauh lebih banyak dibandingkan sekarang, bahkan hingga usia 40-an atau 50-an awal masih terus hamil dan melahirkan (gak aneh saat itu untuk punya anak belasan).

Kini, usia menikah dan punya anak bagi wanita semakin mundur, dan jumlah anak per-wanita menurun, tapi jumlah penderita kankernya terus meningkat. Jadi, teori bahwa ‘hamil muda dapat menyebabkan kanker serviks’ menurut aku tidak masuk akal.

Lagi pula hamil dan melahirkan adalah sebuah proses yang begitu naluriah dan alami yang sudah dilewati wanita semenjak Hawa, masa ‘menyebabkan’ penyakit?

( #opini, Pertama kali dipost di akun Fb Hanna Wilbur, 8 Oktober 2013)

Iklan
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Keluarga, Kesehatan, Suami-Istri dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Kanker Serviks dan Kehamilan

  1. setujuuu mak…masa karunia Ilahi untuk mengandung menjadi penyebab penyakit kanker yang ganaaaas sih…#nggrela…

Komentar ditutup.