10 Tips Membersihkan Tubuh dari Toxin


Tulisan ini aku posting untuk menambahkan informasi dari post Penyebab Semua Penyakit—Bagian 1, sebelum berlanjut ke bagian 2.

exercise10 Tips Membersihkan Tubuh dari Toxin[1]

Meskipun organ-organ detoks utama kita seperti liver, ginjal, dan usus membantu menyingkirkan toksin, mereka kadang membutuhkan sedikit bantuan. Dengan bertambahnya zat-zat yang meracuni bumi (bisa dalam makanan, air, produk rumah tangga atau produk perawatan pribadi), organ-organ ini kewalahan dan akhirnya gagal berfungsi pada level optimal. Hidup tanpa penumpukan toksin adalah mustahil, dan ini adalah mengapa tubuh kita telah diberkahi dengan organ-organ detoks yang menakjubkan ini!

Ketika organ-organ detoks kita diganggu, kita akan mulai merasa kelelahan, cepat sakit atau mengidap penyakit degeneratif. Radikal bebas dari penumpukan toksin dalam tubuh dapat mempengaruhi struktur dan fungsi sel-sel, yang membawa pada berbagai permasalahan kesehatan. Fibromyalgia, penyakit autoimun, kelelahan kronis, migraine, irritable bowel syndrome, penuaan dini, bloating, diare, konstipasi, penyakit kulit, arthritis, kanker, alergi makanan/intoleransi semua adalah tanda-tanda tubuh Anda menderita penumpukan toksin.

Berikut ini beberapa cara sederhana membantu tubuh Anda melewati proses detoks dan mencegah penumpukan toksin.

1.       Minum 1 liter air lemon [jeruk nipis] ketika bangun tidur.

Air lemon di pagi hari adalah cara yang efisien untuk membuang toksin. Tidur adalah waktu ketika tubuh memperbaiki diri dan membuang racun. Begitu bangun tidur, pastikan Anda minum setidaknya 1 liter air minum (khususnya tambahkan lemon), mengambil toksin yang menumpuk dan membuangnya keluar tubuh. Mengapa lemon? Lemon adalah diuretik alami, yang artinya ia membantu mengeluarkan materi yang tidak diinginkan dengan meningkatkan kecepatan urination dalam tubuh. Ini juga akan membantu meningkatkan system imun, menyeimbangkan pH, membantu menurunkan berat badan, membantu pencernaan dan mengairi system limpa Anda.

2.       Tidak bisa membaca [label]-nya? Jangan makan!

Memakan makanan proses dengan label yang tidak bisa Anda baca adalah cara pasti menumpuk racun dalam tubuh. Jika bahan-bahan dalam label terlalu sulit Anda baca, maka kembalikan ke rak dan jangan berfikir untuk membelinya! Menghindari apapun yang dikemas (botol, kaleng, boks) adalah cara mudah menjauhi masalah ini.

3.       Biasakan mono-meal.

Mono-meal (memakan satu bahan makanan dalam sekali waktu—misalnya, hanya makan semangka di pagi hari, atau hanya makan jeruk untuk sekali waktu makan) adalah cara hebat mempercepat pencernaan dan mencegah pemrosesan yang tidak perlu dari berbagai kelompok makanan dalam usus. Ketika kita membebani (overload) pencernaan dengan berbagai jenis makanan, kita menjadi lebih lambat dan lelah—ini juga menambah stress dan pekerjaan bagi organ-organ, yang seharusnya bisa beristirahat sesekali dengan makan lebih sederhana.

4.       Tingkatkan kesehatan dengan berbagai herba.

Dandelion, black walnut, cilantro, worm wood, milk thistle—dan seterusnya! Herba-herba bermanfaat ini telah digunakan selama berabad-abad untuk membersihkan berbagai organ dan sistem dalam tubuh. Mereka diketahui di banyak kebudayaan untuk membantu berbagai penyakit dan permasalahan kesehatan. Dandelion, misalnya mendukung produksi empedu. Empedu membantu memindahkan toxin keluar dari tubuh, dan mencegah penumpukan toxin.

Detox5. Hilangkan daging-dagingan.

Jika Anda benar-benar ingin mendalami proses detoks, Anda harus menghilangkan semua produk berbahan dasar daging dari kebiasaan makan Anda (ini termasuk daging ikan, red meat, white meat, telur, dan susu). Produk-produk hewani menghasilkan kondisi asam dalam tubuh yang meninggalkan residu asam dalam darah dan jaringan tubuh. Produk hewani juga menghasilkan limbah protein yang menyebabkan pembusukan dalam usus. Sel-sel kanker berkembang cepat dengan produk-produk hewani (karena kondisi keasaman tubuh yang tinggi).

Ditambah lagi, produk hewanit membutuhkan tenaga dan kekuatan enzim yang sangat besar untuk dicerna dan diserap tubuh (jauh lebih tinggi daripada sayur dan buah). Ketika tubuh berfokus pada pemrosesan dan pencernaan makanan, ia kurang bisa menyisihkan tenaga untuk pembersihan dan perbaikan diri. Menyingkirkan produk hewani dari makanan akan memberikan tubuh Anda lebih banyak energy untuk berfokus pada detoks dan perbaikan daripada melulu pencernaan.

6. Lancarkan aliran darah Anda.

Penting untuk mendapatkan olah raga yang cukup setiap hari untuk membantu tubuh mengeluarkan limbah dari tubuh dan menjaga system limpatik berjalan. Berolahraga juta membantu membakar lemak, dan lemak cenderung teguh mengikat toxin—membiarkan tubuh membakar lemak juga membantu tubuh menyingkirkan dan membersihkannya dari limbah toxin.

7. Selaras dengan alam.

Melewatkan waktu di alam itu penting! Meskipun baru bisa pergi ke taman dengan pohon dan rumput (atau salju) beberapa kali seminggu, akan membantu Anda merasa lebih hidup. Saya pribadi berusaha untuk berjalan-jalan ke hutan beberapa kali seminggu dan semenjak itu saya merasakan perasaan tentram dan damai. Saya merasa seperti di rumah ketika dikelilingi alami. Apa hubungannya pergi ke alam dan mendetoks? Ketika kita stress, radikal bebas akan terbentuk, dan radikal bebas dapat dipandang sebagai semacam toxin. Alam adalah cara menurunkan stress, dan menyatukan diri dengan keindahan dunia.

8. Minum lebih banyak air.

Ketika kita tidak cukup air, sel-sel kita akan menarik air dari aliran darah dan ini akan meningkatkan tekanan pada jantung dan pembuluh darah dalam tubuh. Bahkan dehidrasi ringan sekalipun mencegah ginjal membersihkan darah dengan benar. Ketika ginjal tidak berfungsi, maka pekerjaan men-detoks organ-organ lain semakin tinggi. Lalu permasalahan-permasalahan kesehatan mulai terjadi (konstipasi, permasalahan kulit, mimisan, UTIs, permasalahan sinus, sakit kepala) dan gejala-gejala yang dianggap disebabkan oleh hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan.

Minum setidaknya 3-4 liter air sehari akan secara drastic meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Anda akan mencerna makanan Anda dengan lebih baik, sendi-sendi Anda tidak akan terlalu sakit, Anda akan turun berat badan dan memiliki imunitas tubuh yang lebih baik. Air menstimulasi ginjal, hati, dan system pencernaan, dan akan mengakselerasi penyingkiran toxin dan lemak.

9. Fokus pada buah dan sayuran mentah.

Poin ini sangat jelas—makan lebih banyak buah dan sayur mentah akan membuat Anda bersinar! Serat dalam tanaman membantu mendorong limbah dalam usus besar (yang penuh racun, dan akan diserap kembali oleh tubuh jika tidak dibuang). Tidak hanya itu, antioksidan dalam buah dan sayur membantu mengendalikan radikal bebas dalam tubuh dan membantu pekerjaan organ-organ pembersih. Mengkonsumsi buah dan sayur dalam kondisi mentah juga membantu enzim dan nutrisi lebih siap untuk tubuh Anda, membantu Anda bebas dari kekurangan vitamin atau mineral. Sayur dan buah sangat mudah dicerna juga, artinya tubuh Anda dapat mengarahkan energinya untuk mengusir toxin, dan memperbaiki sel dan jaringan yang rusak.

10. Latihan memperlambat diri dan bernafas.

Memperlambat diri (slowing down) dan menghargai hal-hal kecil dalam hidup penting untuk mencapai ketenangan pikiran dan mengurangi level stress. Pernafasan dalam khususnya, sangat penting dalam proses pembersihan tubuh. Ini juga sangat mudah dilakukan setiap hari—ambil 10-15 menit per hari untuk duduk dan bernafas dalam-dalam. Fokuskan pikiran pada pernafasan, dan bebaskan pikiran. Radikal bebas terbentuk ketika kita stress, jadi melambatkan diri, bernafas, melatih diri untuk tenang dan meditasi akan membantu menenangkan dan menyehatkan tubuh Anda.


[1] Diterjemahkan dari Top 10 Most Effective Detox Tips, Carly Fraser, http://www.naturalcuresnotmedicine.com/2013/11/top-10-most-effective-detox-tips.html, diakses 3 Novermber 2013.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, Terjemahan dan tag , , . Tandai permalink.