Fitur Komentar yang Menghambat Feedback


Comments BoxBanyak blogger yang ketika mengatur blognya fokus pada hal-hal lain seperti warna background, desain header, dsb, tapi lupa untuk mengatur fitur komentar. Seringkali aku berjalan-jalan ke berbagai blog hanya untuk mendapati kolom komentarnya terlalu sulit untuk diisi–bikin males mau ninggalin jejak. Padahal aku yakin, pasti pemilik blog suka ya, kalau ada yang memberi feedback pada hasil karyanya.

Nah, ada satu hal yang menghambat pemasangan komentar (menurutku):

Tes ‘Kemanusiaan’

Aku pribadi suka bete dengan kata-kata seperti ‘buktikan Anda bukan robot’. Asa teu sopan… Gak friendly banget menurutku. Pernah aku serius mau komentar tentang isi postingan, tapi tidak jadi karena gambar karakter yang muncul terus-terusan tidak terbaca, dan beberapa kali aku gagal ‘menebak’ tulisannya. Akhirnya aku tidak jadi menulis.

Kotak Komentar Please Proove Youre not a robot blogspot

Aku punya blog di salah satu platform selain wordpress yang jarang aku isi karena ada fitur seperti itu dan tidak bisa aku hilangkan.

Kotak Komentar BlogDetik

Cara lain ada juga yang seperti ini. Untunglah ini bukan website pribadi, jadi tidak apa-apa orang sulit komentar.
Kotak Komentar NUB

Dan ini kotak komentar blog aku😉. Aku sengaja meng-off-kan moderasi dan mengatur supaya orang tidak wajib memasukkan alamat email dan link blog-nya. Kalau ada yang mau memasukkan informasi diri itu boleh, kalau tidak ya tidak apa-apa. Yang pasti, bagi yang memberikan info data link blog, pasti akan aku kunjungi😉.

Kotak Komentar WordPress PHW

Moderasi

Aku sendiri tidak masalah jika komentarku perlu di-moderasi dulu. Bagi blogger ini memang aman agar tidak ada komentar muncul yang ternyata menggemparkan postingan. Aku pun pernah menyalakan fitur ini, tapi semenjak sering ikutan lomba, akhirnya aku matikan fitur ini, untuk memudahkan para juri komentar😉 *ting-ting-ting*.

Fitur Anti Spam

Bagaimana jika ada yang tidak ingin dikenai spam? Di wordpress ada fitur anti spam, jadi aku pribadi sih tidak terlalu khawatir. Selain itu aku bisa setting agar komentar yang berisi sekian link bisa masuk dulu ke kotak ‘moderasi’🙂.

Caranya: Settings => Discussion => Comment Moderation

Comment Moderation Link

Tulisan ini hanya sekedar sharing aja, sesuatu yang subjektif banget, tapi pasti setiap orang punya alasan di balik pengaturan fiturnya.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Serba-serbi dan tag . Tandai permalink.