Penyebab Semua Penyakit—Bagian 2


The food you eat can either be the safest and most powerful form of medicine or the slowest form of poison - Ann WigmorePada Bagian I kita membaca empat kondisi yang menyebabkan tubuh tidak seimbang sehingga jatuh sakit. Kita juga membaca tentang penjelasan salah satu di antara keempat kondisi tersebut, yaitu terlalu banyak toksin dalam tubuh. 

Pada bagian kedua ini, tidak aku terjemahkan per-kata semuanya, aku ringkas aja ya. Semoga tidak mengurangi manfaat tulisannya.

Tulisan di bawah ini aku ringkas dari halaman 429-435 buku “Natural Cures ‘They’ Don’t Want You to Know About”. Penyebab semua penyakit yang berikutnya adalah kekurangan gizi, ketidakseimbangan elektromagnetis, dan stres. Check it out!

food healthcare - medicine sickcare2.       Defisiensi Nutrisi

Semua orang memiliki kondisi kekurangan nutrisi. Jika Anda kekurangan vitamin, mineral, enzim, dan nutrien lain tubuh Anda tidak dapat beroperasi dengan optimal, sistem imun Anda tidak dapat bekerja secara efisien, sehingga menyebabkan penyakit. Nutrisi ini sangat penting, untuk itu makanlah makanan sealami mungkin, jangan yang sudah dikemas, diproses, apalagi yang sudah ‘instan’.

Sayangnya, makanan yang kita makan sehari-hari sudah berkurang kandungannya karena berbagai hal, mulai dari berkurangnya nutrisi dalam tanah, pestisida, rekayasa genetika, dan sebagainya. Jadi, penulis menyarankan untuk minum suplemen. Tapi di satu sisi ia tidak menyarankan minum vitamin dan mineral. Apa maksudnya? Dia tidak menyarankan minum vitamin-mineral yang sintetis, buatan manusia.

Banyak tablet vitamin-mineral yang diproduksi oleh perusahaan yang berisi ‘sampah’. Yang ada di pikiran yang memproduksinya hanyalah keuntungan semata, tanpa memikirkan khasiatnya.

Pilihlah suplemen makanan sealami mungkin, jangan yang sintetis, ia menyebutnya whole foods suplements. Terdapat beberapa contoh whole-food supplements yang penulis catat seperti chlorella, spirlina, blue-green algae, dan hydrilla. Aku tambahkan di sini: habatussauda, gamat mas (sea cucumber), minyak ikan omega-3, ginko biloba, dsb.

Penuhi kebutuhan nutrisi sebaik mungkin, dengan cara yang mudah diserap tubuh. Selain mengkonsumsi suplemen, minumlah berbagai buah dan sayur yang telah di-jus.

Hal lain yang sering disepelekan orang adalah bumbu dapur. Bawang putih dan bawang merah adalah ‘duo-mantap’, yang betul-betul membantu menyeimbangkan fungsi dalam tubuh. Jangan juga lupa kunyit (makanan super, nie), jahe (ternyata jahe ada kemungkinan dapat melindungi otak dari keracunan MSG, loh!), kayu manis, dst. Ketika kita menggunakan bumbu instan, kita akan sangat kehilangan berbagai nutrisi tersebut (sambil memasukkan toksin dari bahan-bahan dalam bumbu instan tersebut). Jangan juga sepelekan tanaman hias/tanaman liar di depan rumah, seperti tanaman lidah buaya, misalnya.

ADD and ADHD because of a bad diet and too much tv3.       Kekacauan Elektromagnetis

Anda tidak bisa menghindari kekacauan elektromagnetis; itu tidak mungkin. Ia ada di sekitar kita, mulai dari computer laptop, hingga TV, satelit di langit, handphone, semua peralatan nirkabel, transmisi radar, tiang listrik tegangan tinggi, kabel listrik, dan jaringan optik fiber. Anda tidak bisa menghindarinya. Anda dapat mengurangi efeknya dengan membuang semua barang elektronik dari rumah Anda, tapi Anda hanya dapat menguranginya sedikit. Oleh karena itu, menurut pendapat Kevin Trudeau, penting bagi Anda memiliki electronic chaos eliminator. Terdapat beberapa merek yang tersedia, semua mengaku paling efektif. Dalam uji coba awalnya, semuanya efektif hingga derajat tertentu. Yang mana yang paling baik? Beliau tidak tahu. Tapi beliau menjanjikan begitu ia tahu, ia akan memberitahu Anda. Beliau memiliki beberapa yang ia bawa-bawa dan yang ia miliki di rumah, dan ia rekomendasikan Anda menghubungi praktisi kesehatan Anda, dan mereka akan memberikan rekomendasi mereka masing-masing. Baca lebih lanjut ke naturalcures.com.

Children's stress levels fall within minutes of seeing green spaces4.       Stres

Ini sangat kuat. Stres saja dapat mempengaruh tubuh secara keseluruhan. Kita bisa begitu sakit akibat stress berat. Sebenarnya hidup penuh dengan berbagai tekanan, dan ini bisa kita ubah menjadi peluang melejitkan diri. Namun, stress yang membawa tubuh kita menjadi tidak seimbang adalah stress yang tidak terkelola dengan baik. Jadi, kuncinya adalah di ‘pengelolaan’ stress.

Silahkan mencari tahu lebih lanjut dari berbagai sumber lain mengenai berbagai cara pengelolaan stress yang sesuai untuk diri Anda pribadi.

Penutup

Banyak orang tidak percaya mereka dapat menghilangkan berbagai gejala yang mereka rasakan dengan memperbaiki pola kebiasaan mereka. Jangan terkecoh dengan istilah ‘too good to be true’. Jika Anda memahami penyebab penyakit Anda, Anda dapat memahami penyembuhnya. Ingatlah, penyakit Anda tidak muncul dalam semalam, tapi berkembang selama bertahun-tahun, jadi memperbaikinya pun tidak akan semalam. Bersabarlah, tapi berikan tubuh apa yang ia mau, dan lihatlah hasilnya.

sick care vs health careKesimpulan

Di bawah ini kesimpulan yang diramu dengan kata-kata aku sendiri. Jadi, bagi yang ingin mengutip, tolong cantumkan sumber di akhir kutipan, ok😉 (BTW, aku bukan dokter, jadi siapa juga yang mau mengutip kata-kata aku? :P).

“Penyakit terjadi… ketika tubuh tidak mendapatkan apa yang ia butuhkan, dan/atau ketika tubuh mendapatkan apa yang tidak ia butuhkan.”

Dengan kata lain, tubuh akan sakit ketika tidak mendapatkan nutrisi atau ketenangan jiwa yang ia butuhkan; dan juga tubuh akan sakit ketika ia mendapatkan berbagai jenis toksin dan kekacauan elektromagnetis yang tidak ia butuhkan.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, Terjemahan dan tag , , , , . Tandai permalink.