Pahami Dunia Lain dengan Kemampuan Berbahasa Inggris



Semenjak kecil aku sudah terbiasa berbicara dengan lebih dari satu bahasa. Di dalam rumah kami berbincang dengan bahasa Inggris, lalu di luar aku berbincang dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Karena dimulai dari usia yang sangat muda (mmm…. Bayi) itu semua tidak aku ‘pelajari’, tapi terasa muncul begitu saja karena pembiasaan.

Hal yang paling berharga yang aku pelajari dari pengalaman hidup ini adalah mempelajari berbagai bahasa membuka kita memahami dunia yang beragam. Bahasa bukan hanya sekedar alat berkomunikasi, namun juga cara menyampaikan cara pandang lain mengenai dunia.

Terasa begitu indah ketika aku mulai bisa membaca. Ada banyak perbedaan yang terasa antara membaca literatur berbahasa Inggris dan literatur berbahasa Indonesia. Kalau saja aku bisa lebih banyak bahasa, aku pasti akan lebih senang lagi.

Bagi aku, membaca bukan sekedar hobi, tapi suatu kebutuhan untuk meningkatkan kualitas diri, dan ini akan semakin meningkat lagi kualitasnya jika juga bisa membaca tulisan berbahasa Inggris.

homeschooling (4)Keberuntungan lain adalah bahasa asing yang orangtuaku ‘ajarkan’ padaku adalah juga bahasa internasional saat ini. Ini sangat memudahkanku untuk mengejar berbagai ilmu yang mendukung dalam kehidupan. Dengan kemampuan bahasa Inggris, aku bisa mendapatkan ilmu tambahan dari materi-materi pelajaran yang aku dapatkan di sekolah. Dengan kemampuan berbahasa Inggris, skripsiku di kampus amat sangat terbantu karena kebanyakan buku referensi penelitiannya berbahasa Inggris.

Ini juga meningkatkan peluangku di kehidupan luar sekolah formal, seperti mendapatkan penghasilan, misalnya. Selain untuk wawancara kerja, kemampuan ini meningkatkan peluangku dalam bisnis, misalnya, berbagai program afiliasi terpercaya yang ditawarkan website internasional kepada para blogger. Kemudian aku pun mendapatkan pemasukan dari menterjemahkan tulisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Kalau aku lihat kembali ke belakang, begitu terasa pentingnya berbahasa Inggris, dan begitu terbantunya aku dengan menguasainya.

Salah satu cara menyenangkan yang membantu aku semakin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris waktu aku masih SD adalah melalui software pembelajaran komputer. Ayahku menyediakan berbagai CD pembelajaran, dan dimulai dari situ aku semakin tertarik mengetahui lebih jauh tentang dunia ‘lain’ di luar sana. Menggunakan medium berbagai program komputer merupakan salah satu peluang cara cepat belajar bahasa Inggris yang tersedia saat ini.

Pas lagi blog walking aku gak sengaja menemukan situs yang menyediakan materi pembelajaran bahasa Inggris. Karena pentingnya bahasa Inggris, kita bisa mendapatkan materi pembelajaran bahasa Inggris, dan ini merupakan salah satu peluang cara cepat belajar bahasa Inggris dari rumah.

Selain bagi yang ingin belajar bahasa Inggris, ada berita baik juga bagi para blogger untuk mendapatkan penghasilan, aku mendapat rekomendasi program afiliasi terpercaya, setiap ada yang membeli produk melalui link Anda, Anda akan mendapatkan Rp 50.000. Dan yang terpenting, program baru pendaftaran afiliasi ini gratis. Wah, aku langsung daftar deh, dan langsung pasang banner afiliasinya di side blog aku.

Sayangnya sudah lewat berbulan-bulan kontes ini tutup dan lewat DL pengumuman pemenangnya, belum ada kabar pemenang. Ih, asa dibohongi, hehe. Kalau sampai akhir Mei ini belum ada kabar, mau saya delete post ini. Terimakasih semua atas perhatiannya🙂.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Homeschool, Lomba dan tag , . Tandai permalink.