Kakak Adik Saling Menyayangi


IMG_20140409_103308Aku awal hamil Apta waktu Azmy usia 1,5 tahun. Banyak yang komentar “kasihan, nanti kakaknya kurang dapet perhatian.”

Wah, sekarang liat Azmy (3,5 tahun) dan Apta (1,5 tahun) bermain riang gembira, aku jadi bersyukur mereka saling memiliki. Setiap hari mereka ada aja permainnya, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Berhubung kompleks tempat kami tinggal anak balitanya relatif sedikit dan jaraknya relatif jauh dari rumah, jadi peluang Azmy untuk bermain dengan yang sebayanya lebih jarang. Tentu saja ada ‘Aa’ yang rumahnya di seberang, tapi beliau sudah berusia 7 tahun dan pagi hari pergi bersekolah. Jadi, Azmy dan Apta sering bermain bersama.

 

Apa enggak berantem, Han?

Memang, awalnya Azmy perlu dibimbing dulu untuk belajar menyayangi adik. Ajari tangan kecilnya untuk membelai kepala adiknya. Beri tahu bagian-bagian tubuh yang jangan disentuh seperti misalnya, mata.

Ketika adiknya masih bayi pasti perhatian kami akan ekstra kepada sang adik, tapi kami tidak lupa untuk sering-sering memberi tahu Azmy bahwa kami tetap menyayangi dia.

Aku juga tidak selalu membela sang kakak hanya karena ia lebih tua. Kalau adiknya misalnya memukul kakaknya, aku akan menegur sang adik dan mengajarinya untuk berkelakuan baik kepada kakaknya.

Awal kebencian kakak dan adik di waktu kecil bisa jadi karena orang tua yang tidak adil selalu membela adik. Sehingga sang kakak merasa adiknya itu hanya menjadi sumber ‘sial’ bagi dirinya.

Memang ketika adik masih bayi (di bawah 1 tahun) sang kakak masih perlu banyak-banyak mengalah. Pada saat itulah aku banyak-banyak mengapresiasi sang kakak jika ia mau mengalah demi adiknya. Aku beri sang kakak pelukan dan ciuman jika ia mengalah. Bahkan kadang kala beri hadiah secara materi kepada sang kakak kalau ia mau memaklumi adiknya.

Perjalanan belum selesai, masih akan ada banyak pengalaman seru kakak-adik di masa yang akan datang, dan semoga semuanya (yang kita anggap ‘baik’ maupun ‘buruk’) akan menjadikan mereka semua saudara yang kompak dan saling menyayangi. Aamiin.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Homeschool, Inspirasi, Keluarga. Tandai permalink.