Diskusi Tontonan dengan Balita


Diskusi sama Azmy soal sikap ketika ber-TAMU ke rumah teman atau orang lain. Inspirasi obrolan ini berawal dari kekeselan aku sama Masha pas lagi bikin Mishka (Beruang) susah hehe.

Aku bilang, “Azmy kalo maen ke rumah temen, yang baik ya. Izin dulu kalo mau pegang apa-apa. Terus, kalo main, setelah beres main diberesin, ya.”

Masih lanjut, “Jangan kayak Masha. Kan kasian itu beruangnya jadi repot. Padahal kan Masha cuma namu (bertamu) ke rumah Beruang.”

Azmy ikut nimpalin, “Iya, kasian beruangnya…”

Kartun Masha and The Bear bisa bikin kita gemes dan lucu dengan perilaku Masha. Seringkali kita memaklumi kelakuan-kelakuan Masha karena kita bilang dia ‘masih kecil’, dan toh di akhir cerita dia berusaha memperbaiki kesalahannya. Namun, anak balita belum tentu bisa memahami ini.

Kita gak tau bagian mana yang ‘diambil’ sama anak. Apalagi banyak adegan fantasi (pukul2an, meledak, sihir, dsb) yang balita belum tahu bahwa itu gak nyata, atau di dunia nyata memiliki konsekuensi2 yang buruk (kalo jatoh dari rumah bakal celaka atau meninggal, atau kalau main listrik dan kesetrum itu bahaya, misalnya).

Aku gak ngelarang anak2 nonton, tapi tetep peka dengan tontonan dan sering ngingetin anak2 bahwa ada hal2 yang pura2 dan jangan dilakuin (misalnya adegan loncat dari rumah lalu terbang dengan ‘bekel’ kain diiket ke leher, aku ingetin Azmy jangan coba2 lakuin itu).

Tontonan bisa juga jadi ajang diskusi2 seru, seperti contoh di atas, soal etika dan sikap ketika bertamu ke rumah teman atau orang lain.

Pernah Azmy lagi baca-baca majalah National Geographic lalu liat ada gambar serigala. Azmy bilang, “Umi, serigala kalo lari kakinya muter ya, kayak lingkaran?”

Pertamanya aku bingung dan nanya balik maksud Azmy apa. Setelah beberapa saat kemudian aku sadar Azmy lagi ngomongin kartun klasik serigala yang sering ngejar roadrunner, yang belakangan ini ditayangin lagi di TV. Sebenernya aku udah ngelarang Azmy nonton itu (dan kartun2 brainless lainnya seperti “Tom and Jerry”, dsb), dan pas Azmy keukeuh pengen nonton (alesan dia gak da tontonan lain), aku pun duduk samping Azmy sambil ngobrol tentang hal2 fantasi yang terjadi dalam kartun itu.

Oke, jadi teringat kartun itu, Azmy berkesimpulan bahwa ada hewan2 yang kalo lari kakinya jadi kayak lingkaran. Aku ingetin Azmy bahwa itu hanya ada di kartun, ilustrasi sederhana bahwa tokoh sedang berlari kencang. Tapi, di dunia nyata, serigala kakinya empat dan larinya kayak anjing biasa seperti yang sering Azmy liat di luar.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Fantasi, Homeschool dan tag , , . Tandai permalink.