Penjualan Mobil Besar-besaran


Waktu aku kelas 5 SD, aku pernah membuat sebuah prediksi.

Ketika itu aku memprediksi bahwa suatu saat akan terjadi penjualan mobil besar-besaran. Bukan–bukan dari dealer mobil, tapi dari para pemilik mobil. Dan mereka akan menjual kendaraan pribadinya dengan harga 10-20% harga awal mereka membelinya. 

Kalau aku pikir-pikir sekarang, prediksi itu dibuat bertahun-tahun terlalu ‘pagi’. Tapi itu lebih baik daripada kesiangan. Kalo kesiangan sih itu bukan prediksi namanya hehe. Justru awal abad 21 kemarin (ketika aku kelas 5 SD) adalah momen peningkatan pembelian mobil dari para produsen mobil.

Lucunya, aku membuat surat kepada sebuah lembaga (lupa namanya apa), menyampaikan pemikiran aku ini. Aku bilang, dampak dari prediksi penjualan mobil pribadi besar-besaran adalah itu menjadi peluang bisnis yang bagus. Mobil-mobil yang didapat dengan sangat murah dari pemilik sebelumnya dapat dirombak lalu bagian-bagiannya dijadikan barang-barang lain–furniture, misalnya.

Surat dari aku dikamanakan, ya? Pasti langsung dibuang ke tempat sampah hehe. 

Setelah itu, aku gak pernah cerita lagi ke orang lain mengenai prediksi ini. Aku baru cerita lagi ke seorang teman kuliah tahun 2011. Itu pun hanya sambil lalu.

Orang ketiga yang aku sampaikan prediksi ini adalah suami aku. Hehehe. Tapi kini aku menyampaikannya dengan lebih serius. *wajah serius*.

Penjualan mobil pribadi besar-besaran bukanlah peristiwa kecil, itu adalah efek samping dari hal lain yang lebih besar; krismon, PHK besar-besaran, kenaikan pajak kendaraan, perubahan harga bahan bakar, dst.  Perubahan pemakaian bahan bakar juga bisa membuat orang menjual mobil lamanya untuk membeli mobil baru yang memakai jenis bahan bakar yang berbeda🙂. 

Bagi sebagian besar orang, ini adalah kondisi ‘krisis’.

Tentu saja kondisi krisis bagi yang 90%. Tidak bagi 10% yang melihat banyak peluang bagus bermunculan (peluang itu tidak hanya dalam hal kendaraan pribadi). 

Prediksi ini masih butuh waktu sampai terjadi, tapi bagi yang sudah mampu melihatnya, juga bisa memikirkan peluang-peluang bagus apa yang muncul. Untuk saat ini sudah ada banyak ide di kepalaku, dan mungkin aku punya sekitar 2-3 tahun untuk memposisikan diri😉.

Bagaimana dengan Anda? Peluang-peluang lain apa yang kira-kira bakal muncul?🙂

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.