Asyik Juga Toko-an di Sini


Semenjak awal Agustus kemaren aku mulai buka-buka toko online karena komentar suami.  Selama beberapa waktu sebelumnya kami sudah berjualan, tapi belum serius ‘buka toko’, jadi hanya lewat sosmed dan sosman (sosial pertemanan hehe).

Gara-gara iklan, kami pun mencoba salah satu situs penjualan yang ada iklan di TV. Eh, apa yang aku jual epek teh dibeli! Mulailah aku tambah semangat jualan di situ, dan… mungkin 30% yang aku iklanin di situ ada pembelinya. Alhamdulillah.

Tapi aku gak mau sampai di situ. Muter otak juga giman supaya lebih baik lagi. Karena iklan lagi, kami pun buka di tokopedia

Lumayan, udah sebulan di situ dan punya 2 toko; Toko Buku Klasik dan LRB Shop.

Ternyata banyak fitur menarik di situ. Aku bisa manfaatin sistem pembayaran, penghitungan ongkos kirim (kita gak perlu cek ongkir lagi), tracking kurir, lengkap sampai ke tangan pelanggan. Mereka juga sedia invoice dan kwitansi-kwitansi-nya. Bagi aku yang rajin nyatet keuangan, kebantu banget, jadi aku hanya perlu mencatat manual angka akhirnya, detailnya tinggal print invoice yang tersedia. Setelah sebulan mencoba, aku pun menyisihkan uang untuk upgrade status ke Gold Merchant, alias layanan lapak berbayar, dan fitur ‘enak’-nya bertambah lagi.

Ada hal yang sedikit tidak mengenakkan di awal. Ada pembeli yang memakai jasa kurir yang gak ada deket rumah. Itu salah aku yang belum paham pengaturan jasa kurir. Awalnya aku pikir gak bisa, ternyata kota aku berada dinyatakan tidak ada oleh sistem dari kurirnya. Jadi, aku pun mensetting nama kotaku ke kota besar di ‘sebelah’. Akhirnya bisa. 

Aku juga walaupun penjual, tapi juga bisa beli-beli, loh! Jadi semua penjual di tokopedia adalah prospek pembeli aku juga (halah, pikirannya masih jualan hehe). Dengan berbagai kemudahan sistem, dan prospek pembeli yang banyak, makanya aku jadi berani bayar lapak. Semoga ke depannya bisa mengumpulkan uang untuk upgrade Toko Buku Klasik menjadi Gold Merchant (sekarang baru LRB Shop).

Oh, dan suamiku pun jualan BROWNIES BAKAR di Kuliner Khas Bandung ^_^.

Yuk, gabung jualan dan belanja di sini! (inget mampir ke toko-toko-ku ya :D)

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.