Pelega Iritasi Mulut


Malam Minggu lalu Azmy bilang lidahnya sebelah kiri sakit. Pas aku liat ternyata memang di area situ sedikit merah dan ada bintil-bintilnya.

Terus Apta ikut-ikutan ngadu, bibir dalemnya sakit (keliatan sedikit luka kegigit).

Langsung, berdasarkan insting, aku membuat 1/2 perasan jeruk nipis + 1/2 sdt soda kue ke dalam segelas air (sekitar 250 ml). Terus aku kasih ke Azmy untuk dikumur-kumur lalu ditelan (Apta juga).

“Sakitnya ilang, Umi,” kata Azmy.
Aku kaget. Loh? AKu gak nyangka bakal secepet itu. Aku pikir dia bakal butuh beberapa kali minum, baru hilang nyerinya.
Cuma, aku masih siaga, aku bilang, “Iya, ini minumnya Umi simpen di sini, ya… nanti setiap kali kerasa sakit, kumur-kumur lagi pake ini.”

Ternyata bener, beberapa menit kemudian Azmy bilang lidahnya kerasa nyeri lagi (“Sedikit,” ceunah dia), terus dia langsung kumur-kumur pake air itu.
(Apta juga minum, tapi dia beda gelas, dan segelas langsung dia habisin saat itu juga).

Hari Senin siang (keesokan harinya) aku tanya Azmy lidahnya masih sakit enggak, dan katanya enggak.

Azmy bilang, “Umi, nanti kalo sakit lagi mulut Azmy, bikin lagi yang kayak kemaren ya. Enak!”

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesehatan. Tandai permalink.