Mengendalikan Seizure Secara Alami


Pengantar dari Russell Blaylock, M.D., dalam Buku Treating Epilepsy Naturally oleh Patricia Murphy

Salah satu hal paling mengganggu bagi seorang adalah ketika ia kehilangan kontrol atas sistem syarafnya sendiri. Penulis, Pat Murphy, memberitahu kita dari pengalaman langsung bagaimana rasanya memiliki kehidupan yang terobek oleh epilepsi.

Referensi untuk epilepsy telah ditemukan sejauh catatan sejarah manusia. Meskipun tidak bisa dipungkiri kita telah jauh lebih memahami kondisi ini, penanganan kita terhadapnya masih perlu banyak sekali peningkatan. Pada semua bidang pengobatan, saya telah memperhatikan sebuah jarak yang sangat besar antara apa yang kita pelajari melalui studi ilmiah dan bagaimana kita mengaplikasikan pengetahuan tersebut. ‘Treating Epilepsy Naturally’ menyediakan bagi pembaca begitu banyak informasi ilmiah perihal epilepsy, khususnya dalam area riset yang telah tidak tersentuh oleh pengobatan konvensional.

Perawatan medis telah berubah secara drastis selama sepuluh tahun terakhir. Para pasien, yang tidak puas dengan bagaimana mereka diperlakukan oleh petugas medis, telah memutuskan untuk mencari jawaban mereka sendiri. Ada banyak kasus ketika para pasien mempelajari lebih banyak mengenai kondisi mereka dibandingkan dokter sendiri, sebuah fenomena yang telah sangat dibantu oleh internet. Seringkali ketika pasien memasuki kantor kami [dokter], kami menemukan bahwa mereka telah mempelajari penyakit mereka dan pilihan-pilihan pengobatan yang lain. Mereka juga tahu semua mengenai obat-obatan yang digunakan berikut dengan komplikasi-komplikasinya. Dengan pengetahuan dasar ini, para pasien merasa tidak puas dengan jawaban penenang yang seringkali diberikan dokter mereka. Misalnya, ketika mereka bertanya soal menggunakan sebuah suplemen nutrisional yang telah terbukti secara riset dapat membantu kondisi mereka, mereka seringkali diberitahu, “Tidak ada bukti bahwa itu bekerja,” atau “Produk itu dapat berbahaya dan mungkin mengganggu pengobatan Anda.”

Apa yang kebanyakan pasien tidak ketahui adalah bahwa ketika dokter mereka mengungkapkan pernyataan tersebut, mereka [para dokter] juga tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Pada kebanyakan kasus, mereka hanya tahu sedikit atau tidak sama sekali mengenai riset perihal penggunaan suplemen, dan memiliki pengetahuan setidik atau tidak sama sekali pengenai patofisiologi asli kondisi yang sedang mereka tangani. Para dokter secara umum memiliki kesulitan dengan biokimiawi dalam sekolah kedokteran. Pengobatan kondisi-kondisi sulit, seperti epilepsy, membutuhkan pengetahuan mendalam mengenai fisiologi dan biokimiawi. Semua kondisi medis muncul pada level molecular dan melibatkan begitu banyak proses yang kompleks. Jika dokter Anda tidak memahami kondisi-kondisi molecular ini, bagaimana mereka bisa secara efisien menangani kondisi Anda?

Selain kekurangan ilmu, para dokter seringkali menderita akibat manipulasi para sumber dana mereka. Kebanyakan dokter terlatih di universitas kedokteran yang menerima pendanaan besar dari para perusahaan farmasi. Hasilnya, mereka lebih berorientasi terhadap pengobatan farmasi untuk pengobatan. Jangan salah, obat-obatan farmasi telah berkontribusi bagi kesehatan, tapi mereka juga telah menyebabkan penyakit jenis baru, suatu penyakit yang dapat menjadi fatal, yang disebut  penyakit iatrogenic  (‘iatrogenic disease’). Ini adalah kondisi-kondisi yang disebabkan oleh pengobatan itu sendiri. Lebih dari lima ratus ribu orang setiap tahunnya menderita komplikasi mayor dan bahkan fatal akibat obat-obatan farmasi. Sebaliknya, kurang dari dua ratus lima puluh ribu orang menderita komplikasi dari menggunakan bahan alami, dan kebanyakan hanya komplikasi minor.

Kebanyakan dokter hanya tahu sedikit mengenai pengobatan alternatif dan seringkali tidak mendukung para pasien untuk mencobanya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan pencarian informasi sendiri. Jika dokter Anda memberitahu bahwa sebuah bahan alami itu berbahaya atau tidak efektif, mintalah ia untuk menyediakan dokumentasi medis untuk mendukung pernyataannya. Anda dapat menyediakan dokumentasi ilmiah yang telah Anda temukan yang mendukung Anda menggunakan bahan alami tersebut dan mendiskusikan hal ini dengan dokter Anda.

Buku ini membahas epilepsy dari berbagai aspek kondisinya: pola makan, suplemen, olah raga, kebutuhan tidur, dan penurunan stress, dan juga nutraceuticals khusus untuk menurunkan resiko mengalami seizure lanjutan. Pendekatan komprehensif ini sangat vital dalam mengendalikan kondisi merusak seperti ini karena begitu banyak faktor dapat mempengaruhi terjadinya seizure.

Buku ini mendiskusikan salah satu ketertarikan utama saya: eksitotoksisitas. Eksitotoksisitas adalah penyebab sentral banyak kondisi neurologis yang mempengaruhi sistem syaraf, termasuk viral encephalitis, efek-efek neurologis penyakit Lyme, AIDS dementia, trauma kepala, Alzheimer’s, Parkinson’s, stroke, Huntington’s. Lou Gehrig’s, dan epilepsy. Terdapat hubungan kuat antara eksitotoksisitas dan cedera radikal bebas pada bagian-bagian otak yang bersangkutan dalam penyakit-penyakit ini. Inilah mengapa mencegah paparan terhadap eksitotoksin, seperti monosodium glutamate (MSG), protein sayur terhidrolisasi, aspartame, dan penggunaan perasa alami sangatlah penting bagi pasien epilepsi.

Kebanyakan obat-obatan seizure farmasi baru diarahkan pada mencegah reaksi eksitotoksik dalam fokus seizure dalam otak. Banyak produk alami secara signifikan menurunkan proses eksitotoksik, sehingga menurunkan resiko seizure. Misalnya, magnesium dan zink, dua elemen yang secara kuat diasosiasikan dengan penurunan seizure, berperan menurunkan ledakan aktifitas neuron yang dipicu oleh eksitotoksin yang kita sebut seizure.

Buku ini juga membahas olahraga pengendalian biofeedback yang dapat mengendalikan aktifitas bebas [discharge] otak. Ini adalah salah satu keindahan sistem syaraf: kemampuannya untuk mengendalikan dirinya sendiri. Kemampuan otak untuk mengendalikan dirinya sendiri dan banyak hubungannya terhadap tubuh telah membawa sebuah disiplin ilmu baru dalam pengobatan yang disebut ‘psychoneuroimmunology’. Terdapat bukti cukup bahwa sistem biofeedback juga dapat mengendalikan aktifitas bebas neuron pada bagian-bagian khusus otak.

Saya merekomendasikan buku ini sebagai panduan bermanfaat bagi siapa pun yang sedang menderita seizure. Hanya dengan mendekati kondisi tersebut melalui berbagai aspeknya –lah Anda dapat mengendalikannya. Meskipun Anda mungkin termasuk yang tidak dapat menghentikan sama sekali seluruh obat anti-seizure , Anda akan dapat secara signifikan menurunkan dosisnya agar Anda dapat menjalani hidup yang lebih sehat, bebas dari komplikasi akibat obat-obatan tersebut. Melalui disiplin pola makan dan pengendalian diri dalam prinsip-prinsip ini, Anda akan dapat mencapai sukses.

-Russell L. Blaylock, M.D.

Director, Advance Nutritional Concepts, and clinical assistant professof of neurosurgery at University of Mississippi Medical Center

***

Judul lengkap buku: Treating Epilepsy Naturally; A Guide to Alternative and Adjunct Therapies

Penulis: Patricia A. Murphy

Tahun Terbit: 2002

Jumlah Hlm: xiii + 322

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, Terjemahan. Tandai permalink.